Telah dilakuakan penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV SDN Sijoli Melalui Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Sijoli dengan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari 2. Penelitian ini dilakukan di SDN Sijoli dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes hasil belajar adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Setelah penelitian dan analisis data dilakukan maka hasil yang diperoleh sebagai berikut: Pada siklus I hasil belajar  diperoleh rata-rata 65,23 dan hasil obsevasi aktivitas siswa 23,07 sedangkan pada siklus 2 hasil belajarnya diperoleh 71,53 dan observasi aktivitas siswa 73,03. Hasil penelitian siklus I ke siklus II terjadi peningkatannya hasil belajar dan aktivitas siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Sains Teknologi Masarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sijoli pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci: Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar
Copyrights © 2016