Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 5 No. 2 (2022): Vol 5, No 2 (2022): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PEMAHAMAN GURU DALAM PROSES PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Dianti Yunia Sari (Universitas Islam Nusantara)
Ismi Tiara Nakita (Unknown)
Fadila Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Penilaian merupakan proses pengumpulan data dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak dan pengambilan keputusan, pengakuan ataupun ketetapan tentang kemampuan anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara guru, pemahaman guru serta  faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam proses penilaian perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilakukan melibatkan sebanyak tiga orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya mengungkapkan bahwa guru hanya melakukan dua (2) tahap proses penilaian yaitu pengamatan dan pelaporan kemudian tingkat pemahaman guru dalam proses penilaian berada pada tingkat menafsirkan, menyimpulkan dan menjelaskan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam melakukan proses penilaian perkembangan anak yaitu masih rendahnya minat, motivasi, kualifikasi jenjang pendidikan, dan pengalaman guru.Kata kunci : Pemahaman Guru, Penilaian, Anak Usia Dini

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...