Pembelajaran yang efektif mengharuskan guru memilih dan berinovasi dalam menentukan media yang tepat, sehingga tujuan dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Sementara siswa harus memiliki keterampilan untuk menyesuaikan antara materi yang diterima dengan media yang dapat memudahkannya dalam memahami materi tersebut. Siswa tidak harus menanti sumber belajar dari guru, tetapi juga memiliki kreativitas mengembangkan media pembelajaran yang tepat dengan materi yang ada. Media pembelajaran interaktif berbasis android menjadi salah satu media yang sangat menunjang pembelajaran dengan sejumlah kelebihan yang dimilikinya. Meski demikian, peserta didik belum memiliki kemampuan dalam membuat media tersebut, sehingga tim pengabdian berinisiatif memberikan pelatihan dan pendampingan guna peningkatan keterampilan tersebut. Tujuan kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan aplikasi ispring suite 9. Metode yang digunakan selama proses kegiatan pengabdian adalah: (1) metode ceramah, (2) metode diskusi, dan (3) metode praktek. Indikator keberhasilan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah: (1) adanya respon positif peserta didik terhadap pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Kendari; dan (2) adanya produk media pembelajaran interaktif berbasis android yang dihasilkan oleh peserta didik. Hasil kegiatan pelatihan ini adalah: (1) kemampuan dan pengetahuan peserta didik dalam membuat media pembelajaran interaktif berbasis android telah meningkat dengan rerata respon sebesar 87,85% dan terkategori sangat baik, dan (2) peserta didik telah memiliki media pembelajaran interaktif berbasis android dengan memanfaatkan aplikasi ispring suite 9.
Copyrights © 2022