Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini


IMPLEMENTASI KEGIATAN BELAJAR OUTDOOR MELALUI SENTRA BAHAN ALAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK

Siti Paridah (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)
Dyah Ageng Pramesty Koenarso (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan belajar outdoor melalui sentra bahan alam dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak yang meliputi kemampuan anak dalam mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungannya serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif dengan tiga proses pengumpulan data berupa proses reduksi data, proses penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan data dalam bentuk pengkodean (coding). Adapun tahapan pengumpulan data adalah pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan belajar outdoor melalui sentra bahan alam dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak kelompok A sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam implementasi sentra bahan alam dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak meliputi media, metode, materi dan evaluasi dalam kegiatan bermain di sentra bahan alam. Faktor pendukung pembelajaran sentra bahan adalah guru yang berperan sebagai demonstran mampu memahami materi pembelajaran untuk diterapkan kepada anak, peserta didik yang dikelompokkan berdasarkan tahapan usia dan keaktifannya, dan banyaknya jumlah media bahan alam yang dimiliki. Faktor penghambat dalam kegiatan sentra bahan alam adalah jika guru sentra bahan alam berhalangan hadir, bermain sentra bahan alam memelukan waktu yang panjang untuk melaksanakannya, anak-anak berebut memilih ragam main yang dimainkan dan jika hujan turun maka bermain bahan alam akan dilaksanakan di dalam ruangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

preschool

Publisher

Subject

Religion Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini published twice a year since October 2019. This journal is published by the Department of Early Childhood Studies, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as ...