JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 2 (2022): Vol. 10 No. 2. 2022

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA SELAMA PRAKTIKUM DARING

Dian Tauhidah (Unknown)
Yuliani Farikha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Kegiatan praktikum merupakan kegiatan pendukung pembelajaran sains. Kondisi pandemi menyebabkan kegiatan praktikum tidak dapat berjalan secara optimal. Hal tersebut dapat berdampak pada berbagai keterampilan mahasiswa termasuk keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan proses sains mahasiswa selama pelaksanaan praktikum daring. Penelitian ini dilaksanakan secara deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil partisipan mahasiswa yang telah melaksanakan praktikum daring selama satu semester. Partisipan berjumlah 83 mahasiswa pendidikan biologi UIN Walisongo yang telah menempuh mata kuliah praktikum biokimia yang dilaksanakan secara daring. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang dikembangkan dari 9 indikator keterampilan proses sains. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa rerata skor keterampilan proses sains seluruh partisipan yaitu 76,63 yang termasuk dalam kategori baik. Indikator keterampilan proses sains terendah dalam penelitian ini yaitu pada indikator measuring. Indikator tertinggi dalam penelitian ini yaitu pada indikator hypothesizing dan defining and controlling variables.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...