Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran ekspresi vokal melalui penguasaan register yang berlangsung di Mayor Minor Music Course Malang, serta (2) menguji efektivitas dari metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut, yaitu Self Assessment.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan proses pembelajaran ekspresi vokal melalui wawancara dengan narasumber, pengumpulan data, serta observasi. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu enam bulan untuk mengamati, mengumpulkan data, mengikuti proses pembelajaran, dan penulisan tesis ini.Sejalan dengan tujuan, hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekspresi vokaldidahuluidenganpembelajaran register, yaitu Register dada (Chest Voice), Register tenggorokan (Spoken Voice), Register diafragma (Diaphragm Voice), Register hidung (Nasal Voice), dan Register kepala (Head Voice). Untuk pembelajaran ekspresi vokal, diklasifikasikan beberapaemosiyaitu; (1) sedih, manja, yang memunculkan suara sengau, desah, dan parau, hasil dari Nasal Voice, dan vocal fry; (2) marah, bersemangat, geregetan, yang memunculkan suara yang kuat dan lantang, hasil dari Diaphragm Voice; (3) tegang, gelisah, yang cenderung memunculkan suara/nada yang rendah, hasildari Chest Voice; dan (4) gembira, romantis, kasihsayang, yang memunculkan suarajernih, halus, dan merdu, hasildariHead Voice.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022