Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan model Think Pair Share menggunakan media gambar seri dan model Think Pair Share tanpa media pembelajaran pada materi Sistem Gerak Manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moroo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Posttest Only Control Design menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII A diajar dengan model Think Pair Share menggunakan media gambar seri dan kelas VIII B diajar dengan model Think Pair Share tanpa media. Hasil belajar kognitif diukur dengan posttest, hasil belajar psikomotor dan afektif diukur dengan rubrik penilaian psikomotor dan rubrik penilaian afektif. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan uji t pada ranah kognitif, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitnei U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model Think Pair Share dengan media gambar seri lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model Think Pair Share tanpa media.
Copyrights © 2022