DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 6, No 1 (2022): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Manajemen Blended Learning di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yaketunis Yogyakarta

Ika Kartika (Sebelas Maret University)
Siti Fatimah (IAINU Kebumen)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak yang besar bagi dunia pendidikan. Salah satu dampak yang terjadi adalah diberlakukannya sistem pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen blended learning di SLB Yaketunis Yogyakarta. Subjek penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa SLB Yaketunis. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Untuk mengetahui bahwa data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah benar, maka dilakukan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan manajemen blended learning di SLB Yaketunis Yogyakarta dibagi menjadi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan menyiapkan persiapan dari guru dan orang tua. Tahap pelaksanaan guru menggunakan media WhatsApp, Video dan Voice Note untuk pembelajaran online dan menggunakan media benda konkret untuk pembelajaran tatap muka. Sedangkan untuk tahap evaluasi blended learning di SLB Yaketunis Yogyakarta dibedakan menjadi dua yaitu evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...