DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 6, No 1 (2022): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Kemampuan TPACK Calon Guru Fisika dalam Pembelajaran Fisika Eksperimen berpendekatan Online STEM

Desy Kumala Sari (Universitas Musamus)
Richard Samuel Waremra (Universitas Musamus)
Pri Ariadi Cahya Dinata (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan TPACK calon guru fisika setelah mengikuti pembelajaran Fisika Eksperimen menggunakan pendekatan online STEM. Responden penelitian yang terlibat adalah mahasiswa calon guru fisika yang mengikuti program matakuliah fisika eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desian one group pretest-posttest. Data penelitian diperoleh melalui angket TPACK-STEM yang diberikan diawal dan akhir pembelajaran. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis simpangan baku ideal (SBi) dan gain standar. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan TPACK-STEM mahasiswa calon guru fisika sebelum penerapan pembelajaran online-STEM yakni dari skor 50.25 dengan kriteria “Cukup” menjadi 64 yang berada pada kategori “Sangat Baik”. selain itu, juga terdapat pengaruh penerapan pembelajaran online-STEM dalam pembelajaran Fisika eksperimen dengan nilai gain 0.4 yang berada pada kategori “sedang”. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih kreatif dalam pemberian tugas proyek dalam pembelajaran online-STEM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...