Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN APLIKASI FUNGSI LINIER DALAM EKONOMI

Ninik Mutianingsih (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan model Learning Cycle 7E dengan melakukan observasi pada proses pembelajaran. Pada hasil belajar mahasiswa dinilai dengan 2 ranah, yaitu ranah kognitif dan afektif. Learning Cycle 7E terdiri dari tujuh tahapan belajar yaitu: elicit (mendatangkan pengetahuan awal peserta didik), engage (membangkitkan minat), explore (mengeksplor), explain (menjelaskan), elaborate (menerapkan), evaluate (mengevaluasi), dan extend (memperluas). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada ranah kognitif masih belum mencapai ketuntasan klasikal, karena karena dari jumlah 34 mahasiswa hanya 22 mahasiswa yang mencapai ketuntasan klasikal dengan presentase 64%. Sedangkan untuk ranah afektif mencapai pada kriteria baik, kjarena pada pertemuan satu dan dua kriteria paling dominan adalah kriteria baik.

Copyrights © 2019