HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Vol 32 No 2 (2016)

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODUL AUDIO INTERAKTIF MENGENAL BAGIAN AKAR DAN FUNGSINYA UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IV DI SLB YPAB SURABAYA

Lutfi Isni Badiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran IPA dengan menggunakan modul interaktif mengenal bagian akar dan fungsinya untuk siswa tunanetra kelas IV di SLB YPAB Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian diadakan di SLB-A YPAB Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas IV SLB-A YPAB Surabaya yang berjumlah 5 orang. Penelitian ini menggunakan sampling penuh atau karena semua siswa dijadikan subjek penelitian. Model desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah treatment by subject design (one group Pre test-post test design). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil uji hipotesis perhitungan nilai pretest dan posttest mengenai pembelajaran IPA menggunakan modul audio interaktif mengenal akar dan fungsinya dihasilkan nilai Z hitung = -2.023 dengan P = 0.043 dengan taraf signifikansi (a ) 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul audio interaktif mengenal akar dan fungsinya berpengaruh positif terhadap pembelajaran IPA pada siswa tunanetra kelas IV di SLB A YPAB Surabaya. Kata kunci : siswa tunanetra, modul audio interaktif, pembelajaran IPA

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

helper

Publisher

Subject

Education Other

Description

AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance ...