Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah hubungan motivasi belajar dengan kemampuan motorik terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok serta faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dengan kemampuan motorik terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan kemampuan motorik terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 145 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel 15% dari jumlah populasi sejumlah 22 siswa laki-laki kelas VIII SMPN 36 Surabaya. Berdasarkan penelitian yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Motivasi Belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya dengan nilai rhitung = 0,463 dan rtabel 0,423. (2) Kemampuan motorik mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya dengan nilai rhitung = 0,443 dan rtabel 0,423. (3) Motivasi belajar dan kemampuan motorik mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMPN 36 Surabaya dengan nilai rhitung > rtabel, Fhitung < Ftabel.
Copyrights © 2021