Jurnal Ilmiah Spirit
Vol. 18 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH SPIRIT

PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE INTERVAL DAN TERUS MENERUS TERHADAP KETEPATAN TEMBAKAN HUKUMAN DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA PUTERA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2018

RISA AGUS TEGUH WIBOWO (Unknown)
SLAMET SUDARSONO (Unknown)
SEKTI SEJATI IDAYATULLAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh pembelajaran menggunakan metode interval dan terus menerus terhadap ketepatan tembakan hukuman bola basket pada siswa putera peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2018. (2) Pengaruh yang lebih baik antara pembelajaran menggunakan metode interval dan terus menerus terhadap ketepatan tembakan hukuman bola basket pada siswa putera peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2018.Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode  eksperimen. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali peserta ekstrakurikuler basket yang berjumlah  30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran dalam olahraga yaitu  ketepatan shooting. Teknik analisis data  dilakukan dengan analisis statistik menggunakan rumus t-test pada taraf signifikansi 5%.Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut ; (1) Ada perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan metode interval dan terus menerus terhadap ketepatan tembakan hukuman dalam permainan bola basket pada siswa putera peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2018 dengan thitung sebesar 3,674 > ttabel sebesar 2,14. (2) Pembelajaran menggunakan metode interval lebih baik pengaruhnya daripadapembelajaran menggunakan metode terus menerus terhadap ketepatan tembakan hukuman dalam permainan bola basket pada siswa putera peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2018 dengan prosentase peningkatan pada pembelajaran menggunakan metode interval sebesar 64,29% dan pada pembelajaran menggunakan metode terus menerus sebesar 39,53%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah SPIRIT (JIS) per Vol.20 No.1 (2020) menggunakan cover dengan desain baru, sebagai representasi progresivitas jurnal menuju pengajuan akreditasi jurnal. Desain dengan warna dominasi biru dan font berwarna orange menyala melambangkan bahwa JIS semakin luas kemanfaatannya bagi khazanah ...