Indonesian Values and Character Education Journal
Vol. 2 No. 2 (2019): October

Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi

Citra Ningrum, Carolina Hidayah (Unknown)
Fajriyah, Khusnul (Unknown)
Budiman, M. Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2019

Abstract

Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Klampok 01 Brebes. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi pada siswa kelas V SD N Klampok 01 Brebes. Jenis Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V. Data hasil angket yang telah diisi oleh responden dapat dilihat hasil tertinggi sebesar 86,7% yaitu siswa menjawab “Tidak Pernah” pada pernyataan ke 14 “Saya tidak peduli saat wilayah brebes terkena musibah”, dan pernyataan ke 18 “Saya lebih memilih bermain dan tidak peduli jika ada teman yang kesusahan”. Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi di SD N Klampok 01 Brebes dapat disimpulkan bahwa kegiatan literasi yang dilaksanakan di SD N Klampok 01 Brebes sudah dilaksanakan dengan baik dan sudah membentuk karakter rasa ingin tahu siswa. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan karakter siswa yang sudah meningkat dan dilihat dari empat indikator karakter rasa ingin tahu sudah memperoleh persentase cukup tinggi. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IVCEJ

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Values and Character Education Journal is a general journal published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results in the social field. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in ...