Indonesian Values and Character Education Journal
Vol. 3 No. 1 (2020): April

The Discrepancy Between Teachers Perception and Implementation of Teaching Creativity

Andrea, Kadek Niko (Unknown)
Artini, Luh Putu (Unknown)
Padmadewi, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perbedaan antara persepsi guru dan fakta sebagaimana diamati dalam pengajaran kuragnya kesiapan kreativitas guru dalam mengajar Penelitian ini bertujuan untuk mengamati bagaimana guru mempersepsikan kreativitas mengajar mereka di kelas dan bagaimana mereka menerapkannya di dalam kelas. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan antara persepsi guru dan fakta sebagaimana diamati dalam mengajar kreativitas di kelas. Metode campuran tertanam digunakan sebagai desain penelitian di mana satu data akan dominan daripada yang lain. Dalam penelitian ini, data kualitatif lebih dominan daripada data kuantitatif atau QUAL (quan). SMA Negeri 1 Tabanan dipilih sebagai tempat penelitian dan dua guru bahasa Inggris dipilih sebagai subjek penelitian. Dua kuesioner yaitu kuesioner yang dinilai sendiri dan lembar observasi kelas digunakan sebagai instrumen. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru merasakan kreativitas mengajar mereka dalam kriteria kreatif. Selain itu hasil pengamatan menunjukkan bahwa kreativitas guru dikategorikan sedikit kreatif. Data-data tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan antara persepsi guru dan fakta sebagaimana diamati dalam pengajaran yang sebenarnya. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penelitian ini akan digunakan oleh guru untuk mengetahui sejauh mana kreativitas yang dimiliki oleh guru dalam mengajar di kelas, para guru akan mengetahui apakah kegiatan yang mereka lakukan termasuk kreatif atau kurang kreatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IVCEJ

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Values and Character Education Journal is a general journal published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results in the social field. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in ...