Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengaruh Cognitive Behaviour Therapy (CBT) Terhadap Pengetahuan Dalam Pencegahan Pada Individu Risiko Penyakit Jantung Koroner

Dwi Agustian Faruk Ibrahim (Universitas Brawijaya, Indonesia)
Titin Andri Wihastuti (Universitas Brawijaya, Indonesia)
Emi Wuri Wuryaningsih (Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Objective: Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya perubahan pengetahuan individu dalam pencegahan risiko PJK setelah diberikan CBT Background: PJK merupakan salah satu penyakit tidak menular yang mematikan. Salah satu penyebab terjadinya PJK adalah kurang pengetahuan individu terhadap faktor risiko PJK yang ada pada dirinya. CBT merupakan terapi yang berfokus pada rekonstruksi pikiran untuk menghasilkan pikiran yang benar dalam menghadapi suatu hal. Study design and methods: penelitian ini menggunakan quasi eksperimen non equivalent control group dengan 36 respon yang dibagi menjadi dua yaitu kelompok yang mendapat terapi dan kelompok yang tidak mendapat terapi Result: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang ditandai perbedaan yang sangat tinggi antara kelompok yang diberi CBT dan kelompok yang tidak diberi CBT Conclusion: CBT sangat baik digunakan dalam meningkatkan pengetahuan individu untuk dalam tindakan pencegahan. Individu yang mendapat CBT dapat mengetahui lebih detil masalah yang terjadi pada dirinya. Implication for research, policy, and practice: saat seorang individu mengalami kesulitan dalam melakukan pencegahan risiko dari suatu penyakit makan CBT merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...