Educational Guidance and Counseling Development Journal
Vol 5, No 1 (2022): EGCDJ

Perilaku Membolos dalam Pembelajaran Daring pada Masa New Normal Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMA N 12 Pekanbaru

Jenni Meilin (Universitas Riau)
Elni Yakub (Universitas Riau)
Arli Rusandi (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Kasus Covid-19 memberikan dampak bagi dunia pendidikan sehingga dilakukan penutupan sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 pada satuan Pendidikan dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19) maka kegiatan belajar dilakukan secara daring (online) untuk mencegah penyebaran virus lebih luas lagi. Perubahan pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran dari rumah membuat siswa kesulitan dalam belajar, sehingga menyebabkan perilaku membolos pada siswa masih saja terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perilaku membolos yang dilakukan siswa di SMAN 12 Pekanbaru selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan sampel sebanyak 122 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku membolos yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dianalisis dengan teknik persentase. Hasil analisis yang diperoleh perilaku membolos siswa berada pada kategori sangat tinggi pada perilaku masuk kelas online berganti hari. Selanjutnya  perilaku membolos pada kelas X dan kelas XI yaitu tidak mengikuti pembelajaran daring dan pada kelas XII masuk kelas online berganti hari. Sedangkan perilaku membolos paling tinggi terjadi pada siswa perempuan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EGCDJ

Publisher

Subject

Education

Description

Educational Guidance and Counseling Development Journal (EGCDJ) (E ISSN 2614-8358) (P ISSN 2615-3661) merupakan wadah untuk menampung berbagai artikel penelitian dan konsep pemikiran mutakhir tentang bimbingan konseling. Jurnal ini menjadi wadah bagi semua Tenaga Kependidikan, Ahli, Praktisi, dan ...