JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 6, No 2 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 1 DONGGULU

Azizah Thalib (Universitas Tadulako)
Kasmudin Mustafa (Universitas Tadulako)
Sinta Reski (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa kurang aktif, pembelajaran tidak menyenangkan dan kurangnya penggunaan alat atau media yang konkrit dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigetion (GI) berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Donggulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Rata-rata hasil belajar tes awal 43.4667 dengan standar deviasi 10.73623 dan rata-rata tes akhir 68.0667 dengan standar deviasi 9.88120. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Donggulu..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...