Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1: APRIL 2022

PENGEMBANGAN APLIKASI “CERMIN” UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI SEKOLAH DASAR KELAS V

Ani Nur Aeni (Universitas Pendidikan Indonesia)
Zahra Diffa Aprilia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dede Yeni Suhartini (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rofikoh Sulistiani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Pada era digital seperti saat ini, pengembangan media pembelajaran mulai merambah pada aplikasi-aplikasi digital berbasis Android. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat memberikan keterampilan ICT (Information, Communication, and Techcnology) kepada siswa dalam rangka menghadapi perkembangan zaman. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan aplikasi berbasis Android bernama Cermin untuk menanamkan pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain Design Development (DD) dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi ahli dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Produk diuji cobakan di salah satu sekolah dasar yang berada di Kecamatan Kota Kaler, Sumedang Utara, Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Cermin dikategorikan sangat layak sebagai media pembelajaran untuk menanamkan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...