JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA
Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Rokania

PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS X IPS1 SMA NEGERI 1 RAMBAH T.P 2021/2022

faisal faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa melalui penerapan metode Cooperative Learning Tipe Investigation pada siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Data hasil penelitian ini secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode Cooperative Learning Tipe Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I adalah rata rata nilai siswa adalah 62.00 untuk prestasi belajarnya pada siklus II ada peningkatan nya adalah 79,33. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode Cooperative Learning Tipe Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama dalam mata pelajaran bahasa Inggris.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpr

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Rokania, yang terbit tiga kali dalam setahun pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Artikel ...