Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII SMP Islam Pakis berdasarkan gaya kognitif Field Dependent (FD). Gaya kognitif Field Dependent dibagi dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 3 siswa kelas VIII SMP Islam Pakis. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara memberikan tes Group Embedded Figure Test (GEFT), tes kemampuan pemecahan masalah dan angket disposisi matematis. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik gaya kognitif Field Dependent kategori tinggi tidak dapat memenuhi indikator melihat kembali pada kemampuan pemecahan masalah dan tidak dapat memenuhi indikator rasa percaya diri pada disposisi matematis. Peserta didik gaya kognitif Field Dependent sedang tidak dapat memenuhi indikator menyusun rencana dan melihat kembali pada kemampuan pemecahan masalah dan tidak dapat memenuhi indikator rasa percaya diri dan indikator memiliki minat, rasa ingin tahu terhadap matematika pada disposisi matematika. Peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent rendah tidak dapat memenuhi indikator memahami masalah, menyusun rencana dan melaksanakan rencana pada kemampuan pemecahan masalah serta tidak dapat memenuhi semua indikator disposisi matematis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022