Sekolah berkualitas, sangat tergantung dari pemimpinya, dengan demikian maka akan semakin besar kontribusinya terhadap kemajuan sekolah di masa depan. Rendahnya mutu sekolah dipengaruhi kepala sekolah dalam mengelola sekolah, sehingga mutlak diperlukan, dalam merencanakan, mengorganisasi, menggerak dan mengawasi. Untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia pemerintah berusaha mewujudkan sebuah program Sekolah Penggerak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja dan manajemen yang merupakan kemampuan mendasar kepala sekolah terhadap adanya program sekolah penggerak. Metode penelitian yang digunakan analah studi litertur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya program sekolah penggerak, kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja dan manajemen serta mampu bergerak dan memiliki pemikiran cerdas berpandangan maju ke depan, yang dibuktikan dengan mengadakan berbagai sosialisasi program sekolah penggerak di KKG, PPPKS, Workshop, IHT Pogram sekolah penggerak. Kesimpulan dari penelitian ini program sekolah penggerak dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja dan manajemen kepala sekolah.
Copyrights © 2022