Rendahnya minat belajar matematika menuntut guru untuk kreatif dan inovatif. Tujuan pembelajaran ini yaitu mengukur besarnya pengaruh metode jamping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design tipe one group Pretest-posttest design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis dan uji hipotesis. Hasil pretest menunjukkan sebelum diberi perlakuan metode jajar samping (jamping), siswa banyak yang memperoleh nilai dibawah KKM. Terdapat 5 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dan 21 siswa mendapat nilai dibawah KKM. Setelah diberi perlakuan metode jajam samping (jamping) diperoleh bahwa banyak siswa yang sudah mendapatkan nilai diatas KKM. Hasil uji paired sample test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Makna dari Ho ditolak dan Ha diterima yaitu sesuai dengan hipotesis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode jajar samping (jamping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV.
Copyrights © 2022