COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 3 (2022)

EFEKTIFITAS VIDEO KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

Septi Wahyuningtyas (Universitas Muria Kudus)
Siti Masfuah (Universitas Muria Kudus)
Sekar Dwi Ardianti (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media video kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas kelas V di SDN Kebolampang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi SD N Kebolampang tahun ajaran 2021/ 2022. Adapun teknik  sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Alasan memilih kelas V sebagai sampel karena peneliti menemukan bahwa hasil belajar siswa kelas V rendah atau dibawah KKM selama pembelajaran tatap muka terbatas. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji ketuntasan, uji keefektifan, dan uji n-gain.  Hasil penelitian menunjukan media video kontekstual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas kelas V SDN Kebolampang. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji one sample t-test yaitu nilai Sig. menunjukkan hasil sebesar 0.03 < 0.05 artinya H0 ditolak, dengan kata lain bahwa hasil rata-rata posttest hasil belajar siswa secara klasikal telah mencapai KKM. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis uji-t dua pihak diperoleh hasil ????ℎ???????????????????? = 2,300. Selanjutnya hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai ???????????????????????? dengan kriteria pengujian 5% didapatkan ???????????????????????? = ????(1−0,05) = 1,671. Kesimpulannya media video kontekstual efektif meningkatkan hasil belajar siswa. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...