Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Vol 1 No 2 (2020): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)

Pembelajaran Keterampilan Menjahit Dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Tunagrahita Ringan

Imam Yuwono (Pendidikan Khusus - Universitas Lambung Mangkurat)
Mirnawati (Pendidikan Khusus - Universitas Lambung Mangkurat)
Dewi Ekasari Kusumastuti (Pendidikan Khusus - Universitas Lambung Mangkurat)
Nurbayti Rahmah (Pendidikan Khusus - Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelakasanaan pembelajaran keterampilan menjahit bagi siswa tunagrahita ringan di SMALB YPLB Banjarmasin yang meliputi 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Proses Pembelajaran, 3) Evaluasi Pembelajaran, 4) Faktor Penghambat dan Upaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil peneitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menjahit di SMALB YPLB Banjarmasin belum efektif dan sesuai dengan prosedur; 1) Tidak adanya perangkat perencanaan pembelajaran keterampilan menjahit seperti instrumen asesmen, silabus dan RPP. 2) Guru memberikan motivasi atau pun penguatan kepada siswa, guru menerapkan strategi serta metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan menggunakan fasilitas penunjang keberhasilan proses pembelajaran dengan baik. 3) Guru tidak menggunakan alat penilaian dalam melakukan evaluasi pembelajaran keterampilan menjahit.4) faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran keterampilan menjahit dalam mengembangkan kemandirian siswa tunagrahita ringan yaitu ruang keterampilan menjahit yang kurang mendukung, siswa jarang turun ke sekolah, guru tidak berlatar belakang keterampilan menjahit, siswa mudah bosan dan moodian. Adapun upaya yang dalam mengambangkan kemandirian siswa tunagrahita yaitu guru harus memahami karakteristik siswa, guru memotivasi siswa, guru mengkondisikan proses pembelajaran keterampilan, dan mendatangkan penjahit profesional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

special

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal merupakan jurnal open access yang dapat di akses oleh umum. Jurnal ini menerapkan peer review sebelum artikel akan diterbitkan, hal ini untuk memberikan penilaian terhadap artikel yang akan dipublikasikan. SPECIAL : Special and Inclusive Education ...