Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)

PROSES PEMBELAJARAN PAKET A DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN MERANGIN

Uying Hapid Alatas (STKIP YPM Bangko)
M Syukurman (STKIP YPM Bangko)
Sri Utami (STKIP YPM Bangko)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh proses pembelajaran paket Ayang dilakukan di SKB Merangin pada masa pandemi covid 19. Permasalahan dalam pembelajaran pada umumnya yaitu terletak pada metode yang digunakan, terutama pada program paket A dimana usia warga belajar berbeda-beda dan karakteristik warga belajar yang juga berbeda-beda membuat tutor harus tepat dalam memilih metode pembelajaran. Berdasarkan observasi, kegiatan pembelajaran program Paket A di SKB masih banyak dijumpai peserta didik yang berperilaku kurang disiplin banyaknya peserta didik yang datang terlambat peserta didik yang mengikuti pembelajaran program paket A hanya termotivasi untuk sekedar mendapatkan ijazah. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang digunakan pada situasi pandemi Covid 19, terhadap rendahnya motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran..Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan beberapa tehnik, yaitu: observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian meliputi kepala dan tenaga pendidik di SKB Merangin..Teknik yang digunakan dalam penjaminan keabsahan data adalah tehnik Triangulasi.. Sedangkan untukkendala dalam proses pembelajaran kejar paket A di SKB Merangin, disebabkan masih kuatnya tradisi melangun yang dilakukan warga terutama suku SAD, kurangnya fasilitas berupa ruang kelas atau bangunan untuk tempat belajar dan kurangnya peralatan tulis atau media pembelajaran yang digunakan. Untuk itu diperlukan pemahaman tutor dalam mempersiapkan media pembelajaran yang menarik agar tercipta proses pembelajaran yang menarik dan mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan alat tulis yang diperlukan warga belajar. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan ...