Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2018): MARET 2018

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI PI-MTPS KELAS IV SD

suryani, dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan keterampilan berbicara tematik terpaduĀ  dapat diupayakan melalui pendekatan inkuiri dan model TPS kelas IV SD semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model spiral dari C. Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Prosedur penelitian menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni, 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, 3) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tembarak Temanggung dengan 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang dilengkapi dengan rubrik pengukuran. Teknik analisis data adalah teknik persentase yakni membandingkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran tematik terpadu melalui PI-MTPS antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara tematik terpadu, yang diupayakan melalui PI-MTPS antar siklus, yakni sebanyak 44,4% dari seluruh siswa mencapai keterampilan berbicara tinggi di siklus 1 dan meningkat menjadi 81,4% dari seluruh siswa di siklus 2. Keterampilan berbicara dalam pembelajaran tematik terpadu meliputi keterampilan membuat rumusan masalah, keterampilan mengemukakan pendapat, terampil membaca puisi dengan intonasi, pelafalan dan ekpresi yang tepat serta lancar membaca puisi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...