Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ilmu Gizi Siswa

Muliartini, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar ilmu gizi siswa kelas X Tata Boga 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tata boga 3 SMK N 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Sedangkan objeknya adalah motivasi dan prestasi belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan lembar kuesioner, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X tata boga 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata motivasi belajar siklus I sebesar 52.62 dan 58.5 yang berkatagori positif pada siklus II. Untuk rata- rata hasil belajarpada siklus I sebesar 72.25, Pada siklus II menjadi sebesar 80.12. Kata kunci: prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division, motivasi belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...