Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2019): Oktober 2019

Analisis Perbandingan Pemerolehan Kosakata Bahasa Bali pada Balita

Swadarma Putra, I Nyoman Arya (Unknown)
Sutama, I Made (Unknown)
Suandi, I Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan proses pemerolehan kosa kata bahasa Bali pada balita di Perumahan Padang Asri dengan di Banjar Jerowan Tumbak Bayuh, dan perbedaan pemerolehan kosa kata bahasa Bali di Perumahan Padang Asri dengan di Banjar Jerowan Tumbak Bayuh. Metode yang dibunakan dalam memeroleh data pad penelitian ini adalah metode Observasi Sebelum melakukan penelitian, pertama-tama mengobservasi atau survei lokasi yang akan dijadikan tempat penelitian, setelah itu peneliti menentukan siapa yang cocok dijadikan subjek penelitian ini, metode yang kedua adalah metode teknik rekam. Dalam penelitian ini peneliti mengguakan teknik merekam gambar (rekaman) dalam mendapatkan data. Alat perekam yang peneliti gunakan berupa telepon genggam (HP) milik pribadi. Teknik ini digunakan agar data yang diperoleh lebih jelas dan valid. Peneliti merekam gambar ketika anak balita dan orang tuanya sedang berkomunikasi. Di dalam rekaman tersebut, peneliti akan lebih mudah mengetahui kosa kata bahasa bali apa saja yang keluar dalam percakapan antara balita dengan orang tuanya tersebut. Subjek penelitian ini adalah anak balita usia satu sampai lima tahun dari kedua lokasi yang toalnya mencapai 20 anak balita. Objek penelitian ini adalah kosa kata bahsa bali. Data dianalisis melalui hasil rekaman balita yang sedang berinteraksi dengan orang tuanya. Hasil Pemerolehan kosa kata bahasa Bali pada anak balita di perumahan padang asri memang masih kurang dibandingkan dengan di desa Tumbak Bayuh yang mecapai 115 kosa kata bahasa bali total dalam waktu 50 menit dibandingkan  dengan di perumahan padang asri yang mencapai 40 kosa kata bahsa Bali. Kata kunci: Pemerolehan Kosa Kata Bahsa Bali, Metode Obsevasi, Teknik Rekam, dan Hasil Penelitian

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...