Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021

Penggunaan Media Blok Pecahan pada Materi Pecahan Biasa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berhitung

Zadulhaq, Ahmad Jajuli (Unknown)
V.Y, Indhira Asih (Unknown)
Alamsyah, Trian Pamungkas (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami materi bilangan pecahan juga disebabkan oleh guru yang tidak menggunakan media pembelajaran yang konkrit sehingga siswa lebih mudah bosan dan kurang bergairah dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan media blok pecahan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep berhitung pada pecahan biasa dan membantu siswa aktif dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian  Kuasi Eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan data diperoleh dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil kemampuan pemahaman konsep materi pecahan siswa di kelas eksperimen yang lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa dikelas kontrol dilihat dari rata-rata nilai pada posttest kelas eksperimen yang menggunakan media blok pecahan yaitu 65,  sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas control yang mengunakan media gambar yaitu  55, dan dapat disimpulkan bahwa pencapaian akhir dari kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan media blok pecahan pada kelas eksperimen dengan kategori baik, lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan media gambar dengan kategori cukup. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...