Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021

Evaluasi Implementasi Pembelajaran Praktik Selama Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan

Flowriza, Erin (Unknown)
Rahmiati, Rahmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengganalisis evaluasi implementasi pembelajaran tematik selama pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi (Evaluation Research) dengan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara urutan pembuktian (sequential explanatory). Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini menggunakan pengolahan statistik dan pendekatan kualitatif. Metode pwngumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, maupun observasi kepada subjek penelitian. Responden penelitian evaluasi untuk pendekatan kuantitatif adalah mahasiswa semester 5 yang sedang mengambil Mata Kuliah Wajib (Pembelajaran Praktik) Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan yang telah menerapkan pembelajaran praktik dimasa pandemi Covid-19 selama satu semester. Responden untuk penelitian kualitatif adalah staf pengajar Mata Kuliah Wajib Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan telah menerapkan pembelajaran praktik dimasa pandemi Covid-19 selama satu semester. Hasil penelitian menunjukkan untuk indikator hasil (product) implementasi pembelajaran praktek dimasa pandemi covid-19 program studi pendidikan tata rias dan kecantikan diperoleh sebesar 3,91 dengan tingkat pencapaian 78,22%. Dapat disimpulkan implementasi pembelajaran praktik selama pandemic covid-19 sudah berjalan dengan cukup baik. Namun pelaksanaan pembelajaran praktik masih menimbulkan beberapa kendala. Adanya evaluasi implementasi pembelajaran praktik dapat meningkatkan proses pembelajaran menjadi optimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...