Journal of Education Technology
Vol. 3 No. 1 (2019): February

ANALISIS ASESMEN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN PKN BERORIENTASI PENDIDIKAN NILAI TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Parmiti, Desak Putu (Unknown)
Rendra, Ndara Tanggu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis perbedaan secara bersama-sama sikap sosial dan hasil belajar antara kelompoksiswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang diberikan MPK; (2) menganalisis perbedaan sikap sosial siswaantara kelompok siswa yang diberikan asesmen proyek dalam pembelajaran PKn berorientasi pendidikan nilai (APMKN) dankelompok siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional (MPK); dan (3) menganalisis perbedaan hasil belajarantara kelompok siswa yang diberikan (APMKN) dan kelompok siswa yang diberikan MPK. Penelitian ini merupakan kuasieksperimen. Data yang dikumpulkan adalah sikap sosial dengan angket sikap sosial, dan hasil belajar PKn dengan tes. Teknikanalisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial MANOVA satu jalur. Hasil penelitianmenunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial dan hasil belajar PKn secara bersama-sama antarakelompok siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang diberikan MPK; (2) terdapat perbedaan yang signifikansikap sosial antara kelompok siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang diberikan MPK. Hasil belajar PKnkelompok siswa yang diberikan APMKN lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan MPK; dan (3) terdapatperbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yangdiberikan MPK. Kepada Guru PKn, disarankan mencoba menerapkan asesmen proyek dalam pembelajaran teknik klarifikasinilai pada pembelajaran PKn.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...