Journal of Education Technology
Vol. 3 No. 4 (2019): November

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL HYBRID BERNUANSA KARAKTER BALI “CUPAK-GERANTANG” PADA PEMBELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI

Duwika, Kadek (Unknown)
Paramasila, Kadek Wikan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penerapan teknologi multimedia sudah merambah ke segala bidang, khususnya dalam bidang pendidikan. Banyak hal yang memotivasi untuk dikembangkanya sebuah pembelajaran berbasis multimedia yaitu untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada. Contohnya di SMK Negeri 3 Singaraja. Berdasarkan dari hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi di kelas XI Multimedia yaitu ibu Linda Ariastini. Beliau menyebutkan bahwa media yang digunakan hanya berpatokan pada media video yang didownload di situs youtube, sehingga tidak sesuai dengan SK/KD pembelajaran teknik animasi 2 dimensi. Selain itu alokasi waktu pembelajaran yang kurang menyebabkan pratikum yang dibuat peserta didik terhadap materi tidak sepenuhnya berhasil diselesaikan di sekolah. Belum adanya inovasi pembelajaran menyebabkan siswa menjadi jenuh dan berdampak pada semangat belajar peserta didik menjadi berkurang hal itu juga berdampak ke kriteria ketuntasan minimal siswa. Dari permasalahan tersebut perlu dikembangkan sebuah multimedia interaktif. Multimedia interaktif yang dikembangkan menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik yang suka dengan nuansa Bali. Selain itu peserta didik juga suka dengan karakter tokoh pewayangan bali seperti Cupak- Gerantang, sehingga multimedia interaktif yang dikemas menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di SMK Negeri 3 Singaraja.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuat rancangan multimedia interaktif model hybrid bernuansa karakter Bali “Cupak-Gerantang” pada pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi di SMK Negeri 3 Singaraja, mengimplementasikan rancangan multimedia interaktif ke dalam sebuah produk ajar dan menguji validitas oleh ahli media, ahli isi, dan ahli desain pembelajaran hingga menyebar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan multimedia interaktif yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Dick & Carrey, karena tahapan-tahapan yang disajikan sesuai dengan skema penelitian yang nantinya akan dilaksanakan di sekolah. Target khusus yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu artikel ilmiah yang dimuat di journal nasional dan menjadi bahan ajar yang bisa di terapkan di SMK Negeri 3 Singaraja.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...