Mimbar Ilmu
Vol. 24 No. 3 (2019): Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LAGU TRADISIONAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Ni Made Asih Megita Rani (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Ketut Ardana (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gusti Agung Oka Negara (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran Talking Stick berbantuan Lagu Tradisional terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini siswa kelas V Gugus I Gusti Ngurah Rai yang berjumlah 11 kelas terdiri dari 385 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian  ini adalah siswa kelas VA SDN 18 Padangsambian dengan jumlah siswa 38 siswa sebagai kelompok eksperimen  dan siswa kelas V SDN 17 Padangsambian dengan jumlah siswa 38 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran talking stick berbantuan lagu tradisional terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat tahun ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran Talking Stick berbantuan Lagu Tradisional berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus  I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Kata-kata kunci : Talking Stick , Lagu Tradisional , kompetensi pengetahuan IPA.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...