Mimbar Ilmu
Vol. 25 No. 3 (2020): Desember

Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi

Karmila Suryani (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta Padang)
Iga Setia Utami (Unknown)
Khairudin Khairudin (Unknown)
Ariska Ariska (Unknown)
Ade Fitri Rahmadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Bahan ajar konvensional belum mampu memenuhi tuntutan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital pembelajaran berbasis STEM pada mata kuliah sistem operasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur ADDIE, dengan langkah-langkah pengembangan yatu; 1) Analisis (analysis), 2) Desain (design), 3) Pengembangan (development), 4) Implementasi (implementation), dan 5) Evaluasi (evaluation). Sampel penelitian adalah mahasiswa yang sedang mengambil amata kuliah sistem operasi berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi dan angket praktikalitas dengan teknik analiisa data menggunakan analisis deskriptif. Tahap pengujian kelayakan Modul digital dilakukan dengan cara validasi produk oleh dua orang pakar, yaitu ahli desain dan ahli konten. Hasil penelitian mennjukan bahwa nilai validitas produk dengan kategori sangat valid sedangkan nilai praktikalitas pada kategori Praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul digital Sistem Operasi berbasis STEM sangat valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...