Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 3 No. 3 (2020): November 2020

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Komang Suyani (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gede Astawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ndara Tanggu Renda (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Perangkat pembelajaran IPA di sekolah dasar belum menggunakan model pembelajaran dan belum menerapkan lingkungan sebagai sumber belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran Discovery Learning berbasis lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah development research dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Populasi dalam penelitian pengembangan ini adalah 133 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah non tes dengan memberikan kuesioner untuk memeroleh penilaian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh pakar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas rencana pelaksanaan pembelajaran pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni validitas rencana pelaksanaan pembelajaran dinyatakan valid.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...