Pola asuh orang tua yang berbeda-beda terhadap anaknya maka akan berdampak terhadap prestasi siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa kelas V SD. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa, orang tua siswa dan guru kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pola asuh yang berbeda-beda yang diterapkan orang tua. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua, menyusul pola asuh permisif dan otoriter. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan pola asuh demokratis dan otoriter mempuyai prestasi belajar yang sangat baik dan baik. Sedangkan siswa dengan pola asuh permisif mempunyai prestasi belajar yang kurang. Berdasarkan penelitian. dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang baik antara pola asuh orang tua dengan prestasi siswa.
Copyrights © 2020