Masih banyaknya siswa yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, khususnya mata pembelajaran IPA berakibat pada kurangnya rasa ingin tahu yang secara tidak langsung juga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hasil belajar IPA melalui penerapan Model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus penelitian. Pada tiap siklus penelitian terdapat 4 tahapan pelaksanaan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD sebanyak 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 butir. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan metode analisis kuantitatif dengan mencari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 73,04 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,06. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V.
Copyrights © 2021