Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 4 No. 3 (2021): November

Kontribusi Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Ranah Batahan

Tiwi Rahmadona (Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat)
Hasan Maksum (Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat)
Eko Indrawan (Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat)
Dori Yuvenda (Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2021

Abstract

Kurang optimanya kinerja guru dapat dilihat dari belum kurangnya kuantitas dan kualitas kerja sesuai target yang diharapkan, serta kecepatan dan ketepatan pelaksanaan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kontribusi motivasi kerja, disiplin kerja, dan pengembangan karier secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif korelasional dengan jumlah populasi dalam penelitian yakni sebanyak 67 orang guru SMK. Penarikan sampel penelitian dilakukan dengan teknik total sampling, yakni dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan angket. Adpaun instrument penelitian yang digunakan yakni berupa lembar kuisioner Skala Likert. Teknik analisis data diantaranya korelasi dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi kerja berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 10,18%. Disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 21,07%. Pengembangan karir berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 18,23%. Serta Motivasi kerja, disiplin kerja dan pengembangan karir berkontribusi bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 43,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja, disiplin kerja dan pengembangan karir secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...