Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 4 No. 3 (2021): November

Improve Students' Listening Comprehension Through Podcasts

Muhamad Sofian Hadi (Muhammadiyah University of Jakarta)
Lidiyatul Izzah (Muhammadiyah University of Jakarta)
Devi Maesari (Muhammadiyah University of Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Dalam mengatasi masalah dan kesulitan yang dihadapi oleh sebagian besar siswa dalam belajar mendengarkan, beberapa akademisi dan spesialis bahasa Inggris dalam pengajaran memutuskan untuk memperhatikan pendekatan, metode, dan teknik yang paling efektif untuk membantu siswa mereka dalam belajar mendengarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan podcast dalam metode mendengarkan bahasa Inggris terhadap pemahaman mendengarkan siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen dengan instrumen pengumpulan data Pre-Test dan Post-Test. Tes diambil dari TOEFL IBT. Tes terdiri dari enam topik dengan tiga puluh pertanyaan. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dipilih 30 mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris sebagai sampel. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji-t. . Hasil penelitian ini menunjukkan; rata-rata Pre-test siswa adalah 27,80 sedangkan rata-rata Post-Test siswa adalah 36,38. Setelah hasil tes dianalisis, diketahui bahwa nilai rata-rata post-test lebih besar dari nilai rata-rata pre-test dan menunjukkan bahwa t-hitung (4,535) lebih besar dari t-tabel (2,756), pada tingkat signifikansi 1%. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan podcast dalam pembelajaran bahasa Inggris mengembangkan pemahaman mendengarkan siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...