M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2019): Mathline

PERBEDAAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI SEGITIGA BERDASARKAN JENIS APERSEPSI ALFA ZONE DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND LEVEL PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Widiyastuti, Novi (Unknown)
Juhana Senjaya, Aan (Unknown)
Damayanti Lestari, Wiwit (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis pada materi segitiga berdasarkan jenis apersepsi Alfa Zone, Mathematical Habits of Mind Level dan interaksi antara jenis apersepsi Alfa Zone dan Mathematical Habits of Mind Level pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi kemampuan koneksi matematis seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jatibarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel kelas diambil sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random samppling dengan cara diundi. Penelitian ini menggunakan analisis data ANAVA 2x2 by Level. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis pada materi segitiga berdasarkan pemberian jenis apersepsi Alfa Zone pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) Tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis pada materi segitiga berdasarkan Mathematical Habits of Mind Level Zone pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) Tidak terdapat perbedaan interaksi kemampuan koneksi matematis pada materi segitiga berdasarkan pemberian jenis apersepsi Alfa Zone dan Mathematical Habits of Mind Level Zone pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Mathline

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and ...