Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol. 8 No. 2 (2020): December

Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Gunawan, I Gusti Ngurah Putra (Unknown)
Negara, I Gusti Agung Oka (Unknown)
Manuaba, Ida Bagus Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan permasalahan yaitu rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Pretest Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD sejumlah 213 orang. Sampel ditentukan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data data yang digunakan yaitu instrumen berupa tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus Product Moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Time Token berbantuan media audio visual dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token berbantuan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...