Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 3 (2022)

PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI COVID-19

Yovita Yovita (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ine Rahayu Purnamaningsih (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Dengan kondisi saat ini berbagai inovasi baru untuk media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 banyak bermunculan. Selaras dengan memasuki era digital tentunya inovasi turut mengikuti perkembangan dengan menggunakan media digital. Saat ini media sosial merupakan salah satu inovasi yang banyak digunakan sebagai media pembelajaran. Aplikasi Tiktok diharapkan dapat membantu para siswa dan guru untuk menciptakan media pembelajaran bahasa Inggris baru yang inovatif dan interaktif. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan penggunaan aplikasi TikTok sebagai inovasi dalam belajar bahasa Inggris di masa pandemi Covid-19. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai penelitian yang berhubungan dengan penggunaan aplikasi TikTok sebagai inovasi baru untuk media pembelajaran. Berdasarkan hasil menunjukkan, aplikasi TikTok dapat menjadi media pembelajaran Bahasa Inggris yang mudah digunakan, inovatif dan memiliki berbagai keuntungan dan manfaat untuk para siswa dan guru contohnya, meningkatkan minat belajar dan motivasi siswa menjadi kreatif, terjadi komunikasi yang interaktif antara siswa dan guru, dan video dapat ditonton secara berulang dengan visual yang menarik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...