Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 3 (2022)

PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD

Bintang Kasih Lumban Gaol (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Anton Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Artikel ini berisikan penjelasan dari sebuah jenis penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian tersebut melibatkan 30 siswa dari keseluruhan kelas V SD Negeri 11 Lubuk Cuik kecamatan Lima Puluh Tahun Pembelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan berganda dan angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pre-test dengan nilai rata-rata 58,2 yang dapat dikatakan kurang. Hasil dari post-test tersebut memiliki peningkatan dari hasil pre-test yang diberikan sebelumnya. Hasil post-test yang sudah diujikan sebesar 84,1 yang dapat dikatakan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa meningkat. Hasil koefisien korelasi membuktikan bahwa adanya pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan hasil rhitung > rtabel dengan hasil 0,837 > 0,361. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dari perhitungan data yang dilakukan, hasil pengujian yaitu thitung > ttabel  hasilnya 8,095 > 1,701 dengan taraf signifikan (α = 0,05). Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari penelitian di SD Negeri 11 Lubuk Cuik dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis sangat efektif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...