Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 3 (2022)

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MAHASISWA PGSD STKIP SYEKH MANSHUR MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Yeni Sulaeman (STKIP Syekh Manshur)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Artikel ini berfokus pada peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Syekh Manshur sebagai seorang calon guru yang mengajar di Sekolah Dasar. Penelitian yang dipaparkan di artikel ini melibatkan mahasiswa semester satu PGSD tahun 2021/ 2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Quasi Eksperimen) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kelas kontrol (X) dan eksperimen (Y). Penelitian tersebut merupakan penelitian ekperimen semu dengan design Randomized Control Group dengan desain pretest-posttest. Uji normalitas dengan menggunakan metode Shapiro Wilk, uji homogenity dengan metode Levene’s, dan uji hipotesis dengan menggunakan N-gain score. Keseluruhan uji memakai Statistical Product and Service (SPSS) versi 22 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa metode Drill dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung mahasiswa STKIP Syekh Manshur yang merupakan calon guru Sekolah Dasar. Penerapan metode drill menjadi alternative yang efektif dalam pembelajaran menulis tegak bersambung pada mata kuliah bahasa Indonesia kelas rendah dan metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis pada siswa kelas rendah Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...