Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 3 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV DI SD

Delimatua Sigalingging (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Ribka Kariani Sembiring (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Anton Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Artikel ini merupakan sebuah gambaran penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Penelitian tersebut dilakukan di SD Negeri 101735 Sei Semayang Kecamatan sunggal pada bulan Juni. Subyek penelitian melibatkan 50 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain True Experimenal yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan statistik menunjukkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 81,44, sedangkan hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,72. Selanjutnya, pengujian hipotesis menunjukkan thitung  adalah 4,141 kemudian di konsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan ∞ = 0,05 dengan 23 adalah 1,714. Oleh karena itu thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,141 > 1,714, terbukti bahwa hipotesis nihil atau (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101735 Sei Semayang Kecamatan Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021. Dengan demikian, model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mempengaruhi hasil belajar lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...