Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 2 PEUSANGAN

Faradhillah Faradhillah (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)
Wirdatul Jannah (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)
Syafrizal Syafrizal (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran make a match terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep gerak lurus kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dilakukan di kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa sedangkan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan data uji independent sample t test menggunakan aplikasi SPSS ver. 2016 diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi gerak lurus di SMA Negeri 2 Peusangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...