JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi)
Vol. 2 No. 2 (2018)

HUBUNGAN PARENTING SELF-EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN MELAKUKAN ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) PADA ANAK AUTIS DI SLB-B & AUTIS TPA JEMBER

Susumaningrum, Latifa Aini (Unknown)
Juliningrum, Peni Perdani (Unknown)
Rahmadiar, Verina Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Keterbatasan yang dialami oleh anak-anak autis menyebabkan perlu adanya latihan untuk memenuhi Activity Daily Living (ADL). Ibu perlu memahami Parenting Self-Efficay pada anak autis, supaya dapat mengatasi stres dalam mengasuh anak. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan cross sectional yang dilakukan dengan menggunakan total sampling kepada 31 ibu dengan anak autis sebagai responden. Hasil pengujian statistik yang dilakukan dengan menggunakan uji Spearman mengungkapkan bahwa ada korelasi antara kedua variabel, di mana kekuatan korelasinya ringan dan arah korelasinya positif (p-value: 0,003; r: 0,518). Sebagian besar ibu dalam penelitian ini memiliki Parenting Self-Efficacy yang tinggi, sementara sebagian besar anak autis di SLB-B dan TPA Autis Kabupaten Jember memiliki kemampuan bergantung sebagian pada orang lain dalam melakukan ADL. Kemampuan anak autis untuk melakukan ADL dapat dilatih. Ibu dengan parenting self-efficacy yang lebih tinggi lebih cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dalam melatih kemandirian anak-anak mereka melakukan ADL, dan sebaliknya, masing-masing.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ji

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi is a scientific publication that publishes scientific articles of research, study and development in the field of inclusive education.This scientific journal contains research articles related to the study of education, special need children, and inclusive education. The ...