Jurnal PTI (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi)
Vol. 9 (2022) No. 1

Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Model Pembelajaran Number Head Together

Lika Jafnihirda (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Rahmatul Husna Arsyah (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa adalah dengan menciptakan persaingan antar mahasiswa melalui pemberian reward agar mahasiswa lebih termotivasi dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Reward dapat diterapkan pada metode pembelajaran kooperatif, seperti tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian tindakan kelas ini diterapkan pada seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Media Digital yaitu sebanyak 22 mahasiswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi langsung dengan menggunakan lembar observasi untuk memantau aktivitas belajar mahasiswan dan tes untuk mengetahui hasil belajar. Data yang diperoleh selama proses penelitian dianalisis secara kuantitatif. Peningkatan aktivitas mahasiswa diamati dengan menggunakan lembar observasi yang terdiri dari 5 indikator aktivitas mahasiswa pada setiap siklusnya. Kegiatan yang diamati adalah mahasiswa yang mengisi lembar diskusi mahasiswa, aktif mendesain peta utama, aktif bertanya, aktif menjawab pertanyaan dan mahasiswa aktif mengemukakan pendapat. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, persentase aktivitas mahasiswa meningkat sebesar 50% yaitu 31,25 pada siklus I menjadi 62,5 pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal PTI terbit dua kali setahun yaitu, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal PTI menerima dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitan dan kajian analisis dibidang Pendidikan Teknologi Informasi dan bidang-bidang yang terkait ...