Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2022

Implementasi Metode Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di Kelas X-1 SMAN 4 Kota Bima Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022

Endang Pancawati (SMA Negeri 4 Kota Bima)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Perbaikan pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan upaya dan dampak peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn materi Kewenangan Lembaga-lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Imdonesia 1945 dengan mengimplementasikan metode Gallery Walk di Kelas X-1 SMAN 4 Kota Bima Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Pelaksanaan pembelajaran pra-siklus menunjukkan banyak kelemahan, prestasi belajar siswa rendah. Hal ini ditandai dengan rendahnya rata-rata nilai tes formatif siswa 71,56 dengan ketuntasan klasikal 62,50%. Indikator yang ditetapkan peneliti rata-rata hasil belajar minimal 75 dengan ketuntasan kllasikal minimal 90%. Subyek perbaikan adalah siswa-siswi Kelas X-1 SMAN 4 Kota Bima  dengan jumlah siswa 32 terdiri dari 14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Hasil pos tes siklus 1 rata-rata 74,53 (+2,97), tetapi nilai ini belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yakni rata-rata ≥75. Persentase ketuntasan 81,25%, Persentase ini masih dibawah indikator keberhasilan yakni ≥ 85%. Dari sisi hasil belajar siklus 1 belum berhasil. Skor  kinerja guru pada siklus 1I 81.18% (+3,18). Dengan demikian dari sisi kinerja guru siklus 1 belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan  ≥90,00. Hasil pos tes siklus 2 rata-rata 76,88 (+5,31). Persentase ketuntasan 93,75% (+31,25). Persentase ini telah memenuhi indikator keberhasilan yakni ≥ 85%. Dengan demikian pada siklus 2 ini telah berhasil mencapai indikator yang ditetapkan yakni rata-rata ≥75 dan persentase ketuntasan ≥ 85%. Dari sisi hasil belajar siklus 2 telah berhasil. Skor ketuntasan guru 90,59 (+12,59). Dengan perbaikan proses pembelajaran berhasil memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yakni ≥ 90,00. Peningkatkan prestasi belajar siswa, disebabkan oleh peningkatan aktivitas, interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas dengan mengimplementasikan metode pembelajaran gallery walk yang dilaksanakan guru. Dengan demikian setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran sampai siklus 2, telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan, dan penelitian dianggap telah berhasil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...